Cara Menciptakan Mesin Genset Mini Dengan Cepat dan Sederhana

Cara Menciptakan Mesin Genset Mini Dengan Cepat dan Sederhana

Jual Genset – Sebuah genset mampu memproduksi listrik DC (dengan arus listrik searah) maupun listrik AC (dengan arus listrik bolak-balik). Tidak heran jika banyak orang yang kini rajin menyambangi toko mesin genset untuk membeli genset bahkan berani membuat mesin genset mini seorang diri dengan bahan dan cara yang sederhana.

Cara membuat mesin genset mungkin tidak familiar di telinga kita, karena bagaimana pun juga, kebutuhan listrik penduduk masih dapat dipenuhi dengan baik oleh PLN. Akan tetapi, tidak ada salahnya mempelajari sekaligus mempraktekan cara membuat genset ukuran mini untuk menambah pengalaman terutama di bidang elektronika, dengan cabang ilmu kelistrikan arus lemah.

Cara Membuat Genset Ukuran Mungil Dengan Sederhana

Sebelum kamu membuat genset ukuran mini, pastikan jika kamu telah mengenal dengan baik, apa saja komponen yang dibutuhkan supaya genset mini bisa dibuat. Berikut ini beberapa komponen yang perlu kamu siapkan:

  • Tuas untuk memutar
  • Baterai recharger
  • Sebuah motor listrik dengan arus DC
  • Kawat dan kabel secukupnya saja
  • Lampu LED

Bila semua komponen utama yang diperlukan di atas telah kamu miliki, maka kamu hanya perlu langsung mempraktekan step by step di bawah ini:

  1. Persiapkan lebih dahulu motor listrik jenis DC yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dari motor listrik DC bekas yang diambil langsung dari DVD ROM drive yang sudah tidak digunakan. Namun, pastikan lebih dahulu bila tegangan kerjanya mencapai 12 volt.
  2. Silahkan kamu kaitkan poros motor listrik ke bagian tuas pemutar sehingga bagian motor listriknya dapat diputar secara manual menggunakan tangan
  3. Siapkan baterai recharger yang memiliki tegangan 12 volt
  4. Memakai kabel, kamu bisa menghubungkan baterai recharger tersebut pada katoda serta anoda motor listrik DC
  5. Bila kamu tidak punya baterai jenis recharger, maka kamu bisa mencoba untuk menghubungkan bagian lampu LED pada motor listrik DC sebagai gantinya.

Ternyata tidak sulit sama sekali, bukan? Kamu bisa mengaplikasikan praktek ini dengan baik dan benar, jika tidak berani melakukannya sendiri, minta orang ahli untuk mengawasimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *