Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Diterima

Dalam melamar sebuah pekerjaan dimana pun, tentunya surat lamaran menjadi salah satu elemen yang paling penting. Jika sampai anda salah mengemas nya, maka bisa saja surat lamaran Anda tidak akan digubris oleh bagian HRD perusahaan tersebut. Namun, jika anda sudah benar, maka bisa jadi surat lamaran tersebut menjadi gerbang kesuksesan Anda menuju perusahaan impian. Anda harus membuat sebuah lamaran yang nantinya bisa membuat HRD langsung tertarik dengan lamaran anda saat melihatnya. Karenanya anda bisa membaca beberapa tips membuat surat lamaran kerja agar lamaran anda bisa diperhitungkan.

Berikut merupakan beberapa tips membuat surat lamaran kerja yang bisa membantu anda saat ingin melamar pekerjaan.

tips membuat surat lamaran kerja

1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan, sebaiknya anda menulis menggunakan bahasa yang formal. Tidak hanya itu, anda juga harus melakukan pemilihan kata yang benar dan sesuai sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Selain itu penting untuk menuliskan sebuah surat lamaran yang format penulisannya tersusun rapi dengan bahasa yang simpel. Karena jika anda menggunakan bahasa yang bertele-tele maka pihak HRD akan malas untuk membacanya.

2. lebih baik ditulis secara manual

Meskipun saat ini zaman sudah semakin canggih namun salah satu tips membuat surat lamaran kerja  adalah menulisnya secara manual atau dengan tulisan tangan.

Baca Juga: Kumpulan Cerita Rakyat

3. Lengkapi data-data yang dibutuhkan

Umumnya perusahaan yang membuka lowongan akan menuliskan kriteria yang mereka inginkan dan berkas apa saja yang harus di lampirkan. Tips membuat surat lamaran kerja adalah selain memperhatikan isi anda juga harus melengkapi berkas yang ditentukan oleh perusahaan.

4. Lampirkan surat pendukung lainnya

Saat melamar pekerjaan anda bisa melampirkan sertifikat keahlian ataupun pengalaman kerja yang anda miliki. Hal tersebut bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan yang akan merekrut anda.

Sebuah lamaran pekerjaan tentunya akan diajukan oleh seseorang yang tengah membutuhkan sebuah pekerjaan. tanpa adanya sebuah lamaran pekerjaan maka anda tidak akan bisa masuk dalam recruitment perusahaan yang anda inginkan. Bahkan dengan surat lamaran yang sudah anda masukkan saja belum tentu diterima oleh pihak perusahaan yang anda inginkan. Karenanya menerapkan beberapa tips membuat surat lamaran kerja diatas bisa anda terapkan. Dengan begitu lamaran yang anda ajukan bisa di lirik oleh pihak HRD. Untuk cara membuat surat lamaran kerja bisa kunjungi elrajab.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *