Fungsi Harddisk Pada Komputer

Harddisk adalah hardware yang sangat diperlukan dan dibutuhkan dalam sebuah komputer. Hardware ini memiliki andil dalam penyimpanan sistem operasi dan data. Perangkat ini dikenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1956. Harddisk atau biasa disingkat HDD terdiri dari piringan hitam atau platter yang dilapisi dua lempeng yang berfungsi menyimpan data secara magnetis.

https://i.ibb.co/G2VBJ8S/8.jpg

Lempeng tersebut dilubangi, kemudian ditempelkan pada spindle, cakram pencengkram platter agar tidak lepas saat diputar. Setelah dipasangkan, platter akan berputar sangat kencang. Putarannya ini dikendalikan oleh alat bernama spindle motor.

Stelah platter berputar, secara otomatis alat bernama head akan langsung membaca platter. Setiap platter memiliki dua head, satu di bagian atas dan satu lagi terdapat di bagian bawah, sehingga harddisk dengan dua platter mempunyai empat permukaan serta empat head. Terdapat beberapa perangkat yang terhubung dengan platter diantaranya actuator dan logic board yang berguna mengatur lalu lintas komponen lain dan berkomunikasi langsung dengan komputer. Setiap permukaan pada satu platter dapat menampung sekitar sepuluh miliyar bit data yang disatukan pada potongan yang lebih besar demi kemudahan dan kecepatan dalam mengakses informasi.

Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran kecil yang disebut track. Track kemudian  dibagi menjadi beberapa sector. Sector dapat menampung informasi sebesar 512 bytes. Pembuatan HDD pun tidak boleh sembarangan karena sebagian komponennya perlu ditempatkan pada ruang kedap udara, sehingga tidak memungkinkan orang lain keluar dan masuk ruangan dapat merusak Head harddisk.

Sejarah Terciptanya Harddisk

HDD dikenalkan pertama kali oleh seorang insinyur bernama Reynold Johnson pada tahun 1956. Pada saat itu HDD pertama yang diciptakan IBM 350 RAMAC tersebut hanya mampu menyimpan 5juta bytes karakter atau sama dengan 3,75 juta bytes data. Pada tahun 1961 IBM memperkenalkan HDD model 1311 berukuran sebesar mesin cuci dan dapat menyimpan 2 juta karakter. Pengguna dapat membeli paket tambahan harddisk dan menggantinya apabila diperlukan sebagaimana halnya pita magnetik. Disk yang mudah dibongkar model selanjutnya menjadi keharusan dalam instalasi komputer dan mencapai kapasitas 300 megabytes pada awal tahun 1980an. Beberapa harddisk berkinerja tinggi seperti IBM 2305 dibuat dengan satu read and write head di tiap alurnya untuk mengurangi kelambatan membaca data. Sistem read and write tetap tiap alur ini harganya sangat mahal dan tidak diproduksi lagi. Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan harddisk jenis baru dengan kode “Winchester”. Perbedaan pokok dari jenis ini, read and write tidak sepenuhnya diam di susunan plat ketika harddisk mati. Read and write diletakan di tempat khusus pada permukaan cakram saat tidak berputar dan kembali ke posisi kerja saat harddisk dihidupkan lagi. Disk Winchester jenis pertama menggunakan plat cakram berdiameter 14 atau 360mm.

Kemudian, desainer mencoba memperkecil ukuran plat untuk menambah keuntungan. Disk tetap dibuat menggunakan plat berukuran 8” sehingga cakram keras bisa berukuran 5,25” atau 130mm dan dapat dipasang pada dudukan read disk ditujukan untuk PC. Awal tahun 1980an, harddsik termasuk barang langka dan dianggap perangkat tambahan yang sangat mahal pada komputer pribadi. Awal tahun 1980an kebanyakan harddisk dipakai pengguna komputer pribadi sebagai perangkat tambahan. Subsistem ini tidak dijual atas nama pabrik cakram melainkan atas nama produsen subsistem semacam Corvus System atau Tallgrass Technologies. Selain itu dibuat juga oleh pabrikan personal komputer misalnya seperti: Apple Profile, IBM PC/XT pada tahun 1983 sudah menyertakan harddisk internal berukuran 10MB dan tak lama kemudian HDD internal berkembang pada PC. Sedangkan harddisk external tetap populer lebih lama pada Apple Macintosh.

Kapasitas Harddisk yang besar bagi seorang gamer tentu sangat diperlukan, sebab ia membutuhkan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan semua filet koleksi gamenya. Namun untuk gamer yang suka main kartu online di situs poker idn sama sekali tidak memerlukan harddisk yang besar karena semua permainan tidak perlu di instal pada perangkat pc.