Lampu Garam Himalaya: Manfaat dan Mitos


Lampu garam Himalaya adalah lampu hias yang bisa Anda beli untuk rumah Anda. Harga sewa led

Mereka diukir dari garam Himalaya berwarna pink dan diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Sebenarnya, pendukung lampu garam mengklaim bahwa mereka dapat membersihkan udara di rumah Anda, menenangkan alergi, meningkatkan mood Anda dan membantu Anda tidur.

Namun, yang lain mempertanyakan apakah klaim ini memiliki kelebihan. Sewa led jakarta

Artikel ini membahas bukti tentang lampu garam Himalaya dan memilah fakta dari fiksi.

Apa itu Garam Himalaya dan Mengapa Orang Menggunakannya?
Lampu Garam Himalaya berbentuk Shape of Bowl
Lampu garam Himalaya dibuat dengan meletakkan bola lampu di dalam potongan besar garam Himalaya berwarna pink.

Mereka memiliki tampilan yang khas dan memancarkan cahaya merah muda yang hangat saat menyala.

Lampu garam Himalaya yang benar terbuat dari garam yang dipanen dari Tambang Garam Khewra di Pakistan.

Garam yang berasal dari daerah ini diyakini berusia jutaan tahun, dan meskipun sangat mirip dengan garam meja, sejumlah kecil mineral yang dikandungnya memberinya warna merah muda.

Banyak orang memilih untuk membeli lampu garam Himalaya hanya karena mereka menyukai penampilan mereka dan menikmati suasana yang tercipta cahaya merah muda di rumah mereka. Sementara itu, yang lain menganggap manfaat kesehatan mereka bermanfaat.

RINGKASAN
Lampu garam Himalaya diukir dari garam putih dan kaya mineral yang ditambang dari Tambang Garam Khewra di Pakistan. Beberapa orang membelinya untuk mendekorasi rumah mereka, sementara yang lain percaya bahwa mereka memberikan manfaat kesehatan.

Bagaimana Garam Himalaya Bekerja?
Lampu garam dikatakan memberi manfaat kesehatan karena mereka adalah “ionizers alami,” yang berarti mereka mengubah muatan listrik dari udara yang beredar.

Ion adalah senyawa yang membawa muatan karena mereka memiliki jumlah proton atau elektron yang tidak seimbang.

Mereka diproduksi secara alami di udara saat terjadi perubahan di atmosfer. Misalnya, air terjun, ombak, badai, radioaktivitas alami dan panas semuanya menghasilkan ion udara (1).

Mereka juga dapat diciptakan secara artifisial oleh ionizers udara yang diproduksi secara komersial.

Disarankan agar lampu garam Himalaya dapat menghasilkan ion dengan menarik partikel air yang menguap sebagai larutan garam saat dipanaskan oleh lampu, membentuk sebagian besar ion negatif (2).

Namun, teori ini belum pernah diuji.

Saat ini, tidak jelas apakah lampu garam menghasilkan ion dalam jumlah yang berarti, jika sama sekali.

RINGKASAN
Lampu garam Himalaya dikatakan mengubah muatan udara di sekitarnya dengan menghasilkan ion yang memiliki manfaat kesehatan. Namun, saat ini tidak jelas apakah mereka dapat menghasilkan ion yang cukup untuk mempengaruhi kesehatan Anda.
Apa Klaim Kesehatan dan Apakah Mereka Stack Up?
Ada tiga klaim kesehatan utama yang dibuat tentang lampu garam Himalaya.

  1. Mereka Meningkatkan Kualitas Udara
    Lampu garam sering diklaim bisa meningkatkan kualitas udara rumah Anda.

Lebih khusus lagi, mereka diiklankan sebagai bermanfaat bagi penderita alergi, asma atau penyakit yang mempengaruhi fungsi pernafasan, seperti cystic fibrosis.

Namun, saat ini tidak ada bukti bahwa menggunakan lampu garam Himalaya dapat menghilangkan patogen potensial dan memperbaiki kualitas udara rumah Anda.

Klaim bahwa mereka baik untuk orang-orang dengan kondisi pernafasan mungkin sebagian didasarkan pada praktik mematikan haloterapi.

Dalam terapi ini, orang dengan kondisi pernafasan kronis dikatakan mendapat manfaat dari menghabiskan waktu di gua garam karena adanya garam di udara.

Namun, hanya ada sedikit dukungan untuk latihan ini, dan tidak jelas apakah aman atau efektif untuk orang dengan kondisi pernafasan (3).

Selanjutnya, tes pada ionizers udara, yang mengeluarkan ion negatif tingkat tinggi, belum terbukti bermanfaat bagi penderita asma atau memperbaiki fungsi pernafasan (4, 5, 6).

  1. Mereka Bisa Meningkatkan Mood Anda
    Klaim lain yang sering dibuat adalah bahwa lampu garam Himalaya dapat meningkatkan mood Anda.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa paparan ion negatif tingkat tinggi di udara dapat memperbaiki tingkat serotonin, zat kimia yang terlibat dalam pengaturan suasana hati (1).

Namun, studi manusia yang menyelidiki klaim mengenai dampak psikologis ionisasi udara tidak menemukan efek yang konsisten pada suasana hati atau perasaan akan kesejahteraan (7).

Namun, peneliti menemukan bahwa orang dengan gejala depresi yang terpapar tingkat ion negatif yang sangat tinggi melaporkan perbaikan dalam mood mereka.

Meskipun demikian, kaitan yang mereka temukan tidak terkait dosis, yang berarti bahwa perbaikan mood orang tidak dapat dijelaskan dengan dosis yang mereka terima. Dengan demikian, peneliti mempertanyakan apakah link itu kausal.

Selain itu, sangat tidak mungkin lampu garam bisa menyebabkan Anda terkena ion negatif dalam jumlah besar yang digunakan dalam penelitian ini.

  1. Mereka Dapat Membantu Anda Tidur
    Studi belum memeriksa efek lampu garam Himalaya saat tidur.

Namun, ulasan efek ionisasi udara pada relaksasi dan tidur tidak menemukan bukti efek menguntungkan (7).

Dengan demikian, bahkan jika lampu garam mempengaruhi lingkungan udara, tidak jelas apakah ini akan berpengaruh pada pola tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *