Bus Pariwisata High Deck

Sama seperti dunia otomotif, dunia bus pariwisata pun memiliki pergerakan yang sangat dinamis. Adanya trend bus pariwisata tersebut mengekor dari bus-bus lansiran dari Eropa sebagai wilayah produsen utama dari karoseri bus pariwisata seperti contohnya Mercedes Benz dari Jerman. Nah, dari sekian banyaknya tipe varian bus pariwisata di Indonesia, Bus Pariwisata High Deck (HD) menjadi tren karoseri bus pariwisata tersendiri di Indonesia.  Hadirnya Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 mengenai ketentuan baru terkait jenis-jenis kendaraan yang bisa dibuat di Indonesia, membuat banyak produsen karoseri bus yang membuat badan bus pariwisata menjadi lebih tinggi atau dikenal dengan sebutan bus pariwisata High Deck (HD).

Sejak dua tahun pasca lahirnya Peraturan Pemerintah tersebut (tahun 2014-2015), bus pariwisata High Deck (HD) mulai digolongkan  menjadi beberapa model yakni bus pariwisata SHD (Super High Deck) dan bus pariwisata DD (Double Deck). Perbedaan yang bisa Anda lihat dari jenis bus pariwisata High Deck (HD) adalah pada ketinggian lantai busnya. Bus Pariwisata High Deck (HD) memiliki ketinggian antara 3.85 – 3.90 meter, cukup tinggi bukan? Alhasil, ruang dibawah kabin penumpang (bagasi bawah) dapat dioptimalkan menjadi bagasi yang sangat luas. Jika kita buat perbandingan, 1 pintu kabin bawah dapat menampung hingga 2 sepeda motor, sehingga total keseluruhan luas bagasi bawah dapat menampung hingga 5-6 buah sepeda motor kategori bebek dan skuter sekaligus.

Bus pariwisata High Deck (HD) dengan bus pariwisata normal deck (non-HD) tentu saja memiliki perbedaan. Bus pariwisata jenis normal deck (non-HD) merupakan jenis bus pariwisata yang paling umum ditemukan dan dikelarkan sebelum tahun 2009 dengan ketinggian kurang lebih 3.0- 3.3 meter. Sehingga tentu saja, umur bus pariwisata non HD tentu lebih lama daripada bus pariwisata High Deck. Hal itu akan berpengaruh pada performa dari bus pariwisata tersebut Dibandingkan dengan bus pariwisata normal deck, bus pariwisata High Deck tentu saja lebih tinggi (3.85-3.90 meter). Bus Pariwisata High Deck (HD) yang memiliki body lebih tinggi dari bus pariwisata normal deck mulai digemari sejak tahun 2009. Kala itu, kemunculannya diprakasai oleh bus pariwisata dari New Marco Adiputra, Laksana Legacy dan Trisakti Phoenix. Ciri-ciri yang dapat dijumpai pada bus pariwisata High Deck keluaran pertama adalah tempat duduk driver yang lebih rendah dari pada bangku penumpang.

Umumnya penyedia layanan sewa bus pariwisata memiliki jenis bus ini untuk mengakomodir kebutuhan customer yang penasaran bagaimana rasanya menikmati bus model ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *