Hawa Sejuk di Kota Soe

Jenuh dengan suasana Kupang yang gerah dan berdebu, datanglah ke Soe. Ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan ini berhawa sejuk dan tenang suasananya, nyaman buat tetirah. Amat kontras dengan Kupang yang panas dan riuh. Tak heran jika banyak warga Kupang menjadikan kota kecil ini sebagai pelarian di akhir pekan, mirip Puncak bagi warga Jakarta.

Soe berada di ketinggian 800 meter, 110 km dari Kupang, dan dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 2,5 jam. Jika menggunakan angkutan umum, Anda harus menuju Terminal Oesapa, lalu naik bis Surya Gemilang tujuan Soe. Jalan menuju Soe sudah mulus dan beraspal, dan terus mendaki. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan Timor yang kering, sesekali sabana, juga penjaja buah seperti alpukat mentega, mangga, dan jeruk. Di tengah perjalanan Anda akan melewati Taman Wisata Camplong, lalu jembatan besi yang berada di atas sungai yang banyak buayanya, sehingga disebut Jembatan Buaya.

Memasuki kota Soe akan tampak rumah berbentuk bulat kecil berdinding dan beratap rumbia, diselingi bangunan modern dan rumah bata. Itulah rumah tradisional Orang Soe, biasa disebut rumah bulat. Rumah ini menjadi penghangat bagi penduduk saat udara dingin. Walau kota kecil, banyak penginapan, baik hotel maupun homestay di Soe. Hotel-hotel ini sudah dilengkapi fasilitas seperti air panas, wifi, maupun cuci setrika. Jadi Anda tak perlu ragu jika hendak bermalam di Soe. Restoran dan rumah makan pun banyak, mulai yang menyajikan masakan daerah seperti Padang, Jawa, maupun masakan China.

Jika ingin mencicipi makanan setempat, cobalah jagung bose, yaitu jagung tumbuk manis yang dicampur santan. Hawa di Soe cukup sejuk, antara 15-25 derajad. Kalau malam bisa membuat tubuh menggigilkan. Karena itu jangan lupa membawa pakaian hangat. Dari Soe, kita dapat mengunjungi beberapa obyek wisata, baik yang dekat kota seperti air terjun Oehala dan Kilometer 12, maupun desa adat seperti Fatumnasi dan Boti yang jauh.

Air Terjun Oehala

Satu ikon wisata Kota Soe adalah air terjun Oehala (yang berarti air tempat tidur) yang berada 13 km dari pusat kota. Untuk menuju air terjun ini Anda dapat berkendara atau naik ojek ke arah Kota Kapan. Daya tarik Oehala ada pada aliran air yang membentuk tujuh tingkatan, mirip aliran air yang diatur di taman-taman buatan. Sumber airnya berasal dari Gunung Mutis, sehingga benar-benar terasa segar. Sebelum masuk, Anda harus membayar tiket Rp.3000, kemudian dapat berjalan menuruni anak tangga yang berkelok-kelok menuju masing-masing kolam di tingkatan air terjun. Jika hendak menuju dasar air terjun, Anda harus menuruni 132 anak tangga.

Namun jangan takut lelah, karena sepanjang perjalanan tersedia lopo -gubuk beratap jerami- untuk beristirahat. Tak jauh dari lokasi air terjun, yaitu di Kilometer 12, ada dataran mirip puncak tertinggi untuk mengamati Kota Soe dan sekitarnya. Banyak pengendara motor maupun mobil yang berhenti di dataran ini untuk menikmati pemandangan sekitar sambil berswafoto.

Penginapan Murah di Soe

Tersedia beragam pilihan penginapan murah di Soe yang lokasinya dekat dengan tempat wisata. Dari hotel murah hingga hotel bintang lima bisa anda plih sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika budget yang di bawa hanya sedikit, sebaiknya memilih penginapan losmen yang harganya lebih murah ketimbang hotel.

Meskipun losmen tarifnya lebih murah, akan tetapi untuk masalah fasilitas jangan diragukan lagi. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan seperti taman untuk bersantai, gratis wifi kecepatan tinggi dan mesin genset mitsubishi silent yang digunakan saat ada gangguan listrik di wilayah tersebut.

Pemilik losmen menyadari bahwa genset penting sekali untuk bisnis di sektor penginapan. Sehingga saat membelinya, pemilik penginapan tidak menghiraukan harga genset mitsubishi 1000 kva di palembang untuk losmen, yang mereka pedulikan hanya melengkapi fasilitas penginapan supaya tamu lebih nyaman saat bermalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *