4 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Segera Hamil

generasimaju.com – Tak lama setelah menikah, artis penyanyi Anindia Yandirest Ayunda atau lebih dikenal dengan panggilan Nindy, positif hamil. Ia sangat mensyukuri anugerah dari Sang Pencipta ini, mengingat tidak semua perempuan bisa dengan mudah mendapatkan kehamilan sesaat setelah menikah.

Mama dari Abhirama Danendra Harsono (1,5) ini menjalankan pola hidup sehat tak hanya untuk kesehatan tubuh dan pikiran, tetapi juga untuk memudahkan kehamilan terjadi. Berikut ada 4 hal yang tak boleh diabaikan Mama Papa dalam program kehamilan ini:

1. hidup sehat Beberapa kiat dilakukan Nindy demi mempermudah terjadinya kehamilan. Tipnya, kata Nindy, menerapkan pola hidup sehat agar metabolisme berjalan baik dan kehamilan diperoleh dengan mudah. Pola hidup sehat, misalnya: istirahat yang cukup, pola makan sehat, dan berolahraga teratur.

Sangat disarankan Mama Papa mengonsumsi zat-zat yang diyakini meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma, seperti: asam folat, vitamin D, C, dan E yang banyak terkandung di dalam buah, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan. Untuk lebih memastikan pemenuhannya, biasanya dokter akan memberikan suplemen tambahan. Selain itu, hindari makanan berlemak jenuh dan makanan yang mengandung bahan berbahaya.

2. berat badan ideal Berat badan ideal (BBI) terkait dengan asupan gizi yang seimbang. Jika Mama terlalu kurus atau gemuk, itu pertanda asupan gizinya tak seimbang. Calon Mama yang mengalami anoreksia (berat badan sangat rendah) misalnya, dapat kehilangan fungsi reproduksinya karena terlalu kurus. Demikian pula, kegemukan dapat mengurangi tingkat kesuburan. Sementara pada pria, kekurangan berat badan bisa membuat kualitas dan jumlah sperma rendah.

3. faktor psikologis Masalah di kantor, tidak cocok dengan mertua, masalah dengan suami, semua itu bisa memicu stres. Stres dapat memengaruhi siklus kesuburan perempuan. Sedangkan pada calon Papa, stres akan mengganggu kualitas dan kuantitas sperma. Proses keluarnya sel telur atau dikenal dengan ovulasi, sangat dipengaruhi oleh poros hipotalamus hipo­ sis yang terpusat di dalam otak.

Poros inilah yang akan memengaruhi pengeluaran hormonhormon yang bertugas mematangkan dan mengeluarkan sel telur. Jelasnya, pada saat akan terjadinya pengeluaran, sel telur dimatangkan oleh estrogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *