Program Kehamilan 3 Bulan Kelima Bagian 2

* Tegakkan komitmen dengan pasangan dan tetap percaya diri.

sat-jakarta.com – Wajar kalau perasaan capek dialami pasangan yang tak kunjung mendapatkan kehamilan. Tapi ingat, jangan jadikan hal tersebut alasan kita menjadi down, sebab masih banyak pasangan lain yang harus menunggu bertahun-tahun sebelum punya anak sekalipun mereka subur secara medis. Jadi tegakkanlah komitmen dengan pasangan untuk selalu setia dan saling percaya, juga mendukung, sehingga Mama Papa bisa tetap percaya diri bisa menghadirkan buah hati.

* Berdoa dan pasrahkan semuanya pada yang Mahakuasa. Hal ini adalah andalan dan harapan kita satu-satunya yang paling pasti. Dengan mengingat ini, kita sadar bahwa anak itu adalah titipan Tuhan; keputusan kita diberi keturunan atau tidak, adanya pada Tuhan. Jadi, pasrahkan semua pada Tuhan yang Maha Esa dan lakukanlah hal-hal yang disukai oleh-Nya, serta tuluslah melakukan semua hal yang disukai-Nya.

Kenali Masalah Kesuburan

Dalam merencanakan kehamilan, baik istri maupun suami, memiliki peran yang sama. Baik perempuan maupun lelaki sama-sama menyumbang sekitar 40% faktor ketidaksuburan dan sisanya yang 20% karena faktor keduanya. Untuk itu, baik istri maupun suami perlu mengenali masalah-masalah kesuburan, yakni infertilitas alias ketidaksuburan. Gangguan ini dapat menghalangi atau mengganggu kualitas dari organ reproduksi.

Apa saja gangguan-gangguan tersebut? Pada perempuan, antara lain: sumbatan di saluran sel telur, tidak mampu memproduksi sel telur matang yang siap dibuahi, mengalami endometriosis, masalah pada lendir leher rahim, terlalu kurus atau gemuk, terlalu tua, pola hidup tak sehat, posisi rahim, dan lainnya.

Kemudian pada laki-laki, misalnya: gangguan hormonal, kelainan genetik pada kromosom seks, mengalami varikokel, mengalami impotensi, saluran sperma tersumbat, pengaruh radiasi dan obat, merokok dan minum alkohol, serta lainnya. Itulah mengapa, bagi pasangan yang hendak merencanakan kehamilan disarankan mengonsultasikannya ke dokter.

Dengan begitu, jika terdapat faktor-faktor infertilitas dapat segera diketahui dan mendapatkan penanganan yang tepat. Nah itulah beberapa tips untuk para pasangan yang ingin mendapatkan keturunan agar memperhatikan semua faktor yang berpengaruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *