Danau Toba, Keindahanya Sudah Mendunia

Pariwisata Danau Toba sudah terkenal ke Mancanegara maupun masyarakat di Tanah Air. Keindahannya yang sangat menakjubkan dan keagungan Danau Supervolcano Geopark ini pantas menjadi salah satu dari Signature of Indonesia. Pesona destinasi yang ada di sekitar Danau Toba masih banyak yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata bertaraf internasional.

Potensi alam, budaya dan masyarakat di sekitar Danau Toba menjadi fokus perhatian Pemerintah Pusat selaras dengan dijadikannya kawasan Danau Toba ini menjadi salah satu dari kawasan 10 destinasi prioritas. Bahkan di tahun 2015, film nasional dengan judul Toba Dreams yang dibintangi oleh Vino G.Bastian dan Marsha Timothy sukses memvisualisasikan Danau Toba sebagai destinasi dengan kekayaan alam yang alami dan agung.

Setelah film ini sukses di layar cinema, begitu juga dengan Danau Toba yang namanya kembali mencuat ke atensi wisatawan lokal dan mancanegara. Gunung Toba adalah gunung api raksasa yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar, diperkirakan meletus terakhir sekitar 74.000 tahun lalu. Pada tahun 1939, geolog Belanda Van Benmelen melaporkan, Danau Toba yang panjangnya 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer, dikelilingi oleh batu apung peninggalan dari letusan gunung.

Karena itu, Van Bemmelen menyimpulkan, Toba adalah sebuah gunung berapi dan Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar dan paling terkenal di dunia. Sejak diresmikannya Badan Otorita Danau Toba bulan Juni 2016 oleh Presiden RI Joko Widodo, pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba mengalami percepatan pembangunan. Diharapkan dengan dibentuknya Badan Otorita sebagai suatu bentuk kebijakan single destination, single management, Danau Toba dapat disulap menjadi destinasi kelas dunia yang kondisi alamnya sungguh tiada duanya di dunia. Target Kementerian Pariwisata, Danau Toba akan bisa menarik 1 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Saat ini, destinasi Danau Toba sudah dapat diakses lebih cepat dengan hadirnya Bandara Silangit yang ada di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara. Waktu tempuh dari Jakarta lebih kurang 1 jam 45 menit, sementara dari Bandara Kuala Namu Sumatera Utara membutuhkan waktu 30 menit saja. Saat ini rute ini sudah tersedia beberapa maskapai seperti Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya dan Susi Air. Hingga saat ini, pembangunan dan perluasan Bandara Silangit masih terus dikerjakan untuk memaksimalkan pelayanan angkutan penumpang yang menuju destinasi di sekitar Danau Toba. Di edisi kali ini, redaksi fokus menyajikan beberapa destinasi khusus yang ada di tiga kabupaten yang berdekatan di sisi tenggara dan selatan Danau Toba. Tiga Kabupaten ini juga paling gampang untuk diakses dari Bandara Silangit, Siborongborong Tapanuli Utara. Kabupaten tersebut ialah Kabupaten Tapanuli Utara dengan ibukota Tarutung, Kabupaten Toba Samosir dengan ibukota Balige dan Kabupaten Humbang Hasundutan dengan ibukota Dolok Sanggul.

Danau Toba menurut saya pantas jika dikatakan wisata alam indonesia yang wajib dikunjungi karena memang luar biasa sekali keindahan panoramanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *