Pengelolaan Sampah di 5 Kota Besar


Sampah adalah salah satu permasalahan yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Di kota – kota besar di Indonesia, sampah yang dibuang sembarangan alias tidak dibuang pada bak sampah fiberglass telah menyebabkan banyak sekali masalah yang salah satunya adalah masalah kesehatan.

Dan berikut ini adalah beberapa permasalahan sampah yang ada di 5 Kota besar di Indonesia :

  1. Jakarta

Jika ngomongin sampah, pasti kota yang satu ini akan tidak luput dari pembicaraan. Kota yang menjadi pusat Indonesia ini memang sudah sejak lama mengalami masalah yang cukup kelam dengan yang namanya sampah.

Di bantar gebang ini , sampah – sampah nantinya akan dipilah. Ada yang dijadikan sebagai kompos, dan sisanya ada yang dipadatkan menjadi bukit sampah.

Sampah – sampah di DKI kerap kali menyebabkan beberapa masalah dan salah satu yang paling parah adalah masalah banjir.

  • Bandung

Selanjutnya adalah kota kembang yang juga memiliki masalah dengan yang namanya sampah. Dalam satu hari, kota Bandung dapat menghasilkan sampah sebanyak 1.500 – 1.700 ton yang kalau diperkirakan banyaknya bisa selapangan bola. Setiap harinya, sampah – sampah dari Bandung ini dibawa ke TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Dan untuk mengangkut sampah – sampah ini, pemerintak kota Bandung bisa menggelontorkan dana sebanyak 8 Miliar Rupiah dalam sebulan.

  • Semarang

Ternyata bukan di kota – kota besar saja sampah dihasilkan dalam jumlah yang sangat besar. Di Semarang juga, sampah sangat banyak dihasilkan. Sehari saja, sebanyak 1.400 ton sampah di produksi oleh masyarakat disana dan dikirimakan ke TPA Jatibarang. Kalo ditumpuk, dalam sebulan saja, sampah – sampah ini bisa menggunung setinggi candi Borobudur.

Namun meskipun begitu, pemkot Semarang juga sudah melakukan sebuah inovasi yang salah satunya adalah memanfaatkan sampah – sampah tersebut untuk diolah menjadi sebuah gas methan yang bisa menggantikan gas LPG dan telah di manfaatkan oleh 200 kepala keluarga di sekitar TPA Jatibarang.

Tak heran jika kota Surabaya ini sering mendapatkan penghargaan Adipura.

Nah itu adalah kelima kota dengan berbagai permasalahan sampahnya. Ayo dari sekarang jangan sampai kita membuang sampah sembarangan. Dan jangan lupa untuk terus menjaga lingkungan yaa : )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *