Penanggulangan Penyakit Anak di Musim Hujan

Penanggulangan Penyakit Anak di Musim Hujan – Musim hujan memang sulit untuk dipredikisi kedatangannya. Tahun kemarin kita memasukinya pada bulan agustus, namun pada tahun ini bulan desember barulah kita masuk ke musim penghujan. Fenomena ini memang meberikan berbagai dampaik baik positif maupun negatif. Damapak positifnya adalah kita bisa terlepas dari bencana kekeringan. Tumbuhan dan ladang pun juga ikut menjadi subur karena suplai air tercukupi. Namun intensitas hujan yang berlebihan tentunya juga berdampak buruk bagi kelangsungan hidup kita.

pencegahan penyakit menular
Pencegahan penyakit menular

Hujan yang terus menerus turun bisa menyebabkan berbagai bencana mematikan diantaranya tanah longsor dan banjir. Dari dua bencana ini pula timbul beragam penyakit yang berpotensi mengancam jiwa kita. Misalnya saja penyakit muntahber yang datang bersamaan dengan musim penghujan dan banjir. Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh khususnya pada anak dan balita. Tentunya kita tidak ingin keluarga kita terjankit virus muntahber maupun berbagai penyakit lainnya.

Penanggulangan Penyakit Anak di Musim Hujan

Dalam berbagai postingan telah disebutkan bahwa musim hujan menjadi musimnya penyakit. Maksudnya adalah di musim hujan banyak sekali bermunculan penyakit berbahaya yang wajib kita ketahui. Dengan demikian kita pun bisa melakukan pencegahan maupun pengobatan ketika salah seorang keluarga kita terjangkit. Artikel contoh teks eksposisi singkat yang saya buat pun juga telah memuat informasi sedemikian rupa.

Jaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan merupakan kunci utama terciptanya lingkungan yang sehat bebas penyakit. Namun untuk mencapainya diperlukan dedikasi serta kesadaran diri masing masing. Faktanya, masih banyak orang yang kurang kesadaran akan tanggung jawab menjaga kebersihan bersama. Akhirnya ketika musim hujan datang banjir pun melanda dan menyebabkan berbagai penyakit menyebar.

Dari sekian banyak dampak buruk banjir menurut saya yang paling parah adalah menyebarnya penyakit malaria. Malaria sendiri merupakan nama virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk demam berdarah. Tidak tanggung tanggung, malaria bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Buang genangan air

Untuk mencegah pembiakan nyamuk malaria bisa dilakukan beberapa kiat. Misalnya saja dengan membuang seluruh genangan air yang ada. Dengan demikian habitat tempat berkembang biak nyamuk tersebut akan hilang. Nah membuang barang yang berpotensi menjadi genangan air juga menjadi bagian dari kebersiahan. Oleh karena itu kegiatan ini cocok dilakukan saat kerjabakti kampung.

Taukah anda bahwa contoh teks eksposisi singkat ini sengaja saya buat sebagai himbauan. Banyak orang yang tidak sadar pentingnya menjaga kebersihan baik di rumah maupun lingkungan. Padahal dengan menjaga lingkungan kita sudah andil berpartisipasi aktif menjaga nyawa banyak orang. Lantas apa lagi yang bisa menjadi langkah penanggulangan penyakit ketika musim hujan? masih banyak.

Pengasapan

Pengasapan yang dilakukan secara rutin juga bisa mencegah berbagai penyakit menular. Selain itu dilakukannya pengasapan juga bertujuan untuk menghilangkan nyamuk demam berdarah di suatu area. Nah biasanya pemerintah melakukan kegiatan ini ketika menginjak musim penghujan seperti sekarang ini. Namun kita sendiri pun juga bisa melakukan secara mandiri dengan menggunakan beberapa alat dan bahan.

Nah itulah artikel contoh teks eksposisi singkat yang dapat saya sampaikan kali ini. Tulisan ini sedikit banyak memang membahas bahaya penyakit yang muncul ketika musim penghujan. Terus ikuti perkembangan situs ini dengan menekan tombol lonceng. Termakasih sudah berkunjung dan tetap dukung saya untuk menulis artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *