Langkah Pertama Ketika Mobil Kena Banjir

Intensitas hujan sangat tinggi, dan pengendara harus waspada, terutama setelah menggali air yang dalam setelah banjir melanda banyak daerah. Jika banjir harus menyeberang pada kedalaman di mana banjir dapat menembus, pengemudi tidak boleh mengendarai kendaraan segera karena kondisi rem tidak standar.

Bahkan di jalan yang tenang, pengemudi tidak ingin mendorong throttle dalam-dalam setelah melewati tangki bahan bakar. Selain itu, kondisi jalan basah dapat mempengaruhi pengereman.Pengemudi juga harus memperhatikan kedalaman air dan tidak putus asa ketika ketinggian banjir mencapai filter udara di dalam kendaraan terutama mereka yang sedang sewa mobil Bekasi karena dalam hal ini mobil atau kendaraan harus dikembalikan pada pemiliknya.

Musim hujan Indonesia biasanya menyebabkan banjir, yang mengkhawatirkan pengendara. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah banjir atau harus mengalami banjir setelah bekerja. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa keterampilan untuk menjaga mobil tetap banjir agar dapat menjaga mobil setiap saat begitu juga mereka yang punya usaha sewa mobil Bekasi atau rental mobil yang dimana harus memindahkan ke daerah yang lebih aman dan hal ini tidak mudah dalam kondisi sedang hujan dan macet.

Hujan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan kebiasaan Indonesia tidak pandai menjaga kebersihan. Masalahnya adalah banjir sering kali membanjiri jalan raya, sehingga mobil kita pasti menembus banjir dan mencapai tujuannya.

Mobil yang biasanya digunakan untuk banjir mudah rusak, terutama jika tingkat banjirnya cukup tinggi. Meskipun sering digunakan untuk penetrasi banjir, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk memastikan mobil tidak mudah rusak.

Hujan deras baru-baru ini sering membanjiri daerah-daerah tertentu di kota. Bahkan, tidak jarang banjir terlalu tinggi dan bahkan mengalahkan mobil. Jika ini masalahnya, tentu saja ini akan merusak bagian-bagian mobil. Bagaimana Anda menangani mobil yang banjir? Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut sebagai respons darurat.

Lepaskan koneksi kabel baterai

Menurut laporan Okezone.com pada hari Jumat (16 Februari 2018), jika kendaraan tergenang, banjir yang cukup tinggi akan membantu dengan cepat melepaskan kabel baterai. Jangan mencoba mengoperasikan kendaraan karena dapat menyebabkan korsleting. Mobil modern cenderung menggunakan jaringan elektronik yang terkena arus pendek ketika terendam air.

Bahan pengeringan

Jika kendaraan “aman” saat banjir, Anda harus segera mengeringkan komponen kunci kontak seperti busi, generator, karburator, filter udara, koil dan berbagai kabel. Jika Anda bukan seseorang yang mengerti masalah dengan mesin mobil Anda, kirimkan ke bengkel, dan jangan ragu untuk menanganinya dengan benar.

Ganti oli

Memang benar bahwa mesin mobil dirancang agar tahan air, jadi jika Anda masuk ke dalam air, Anda tidak akan jatuh ke air. Yang terbaik adalah terus memeriksa tongkat minyak. Jika terjadi perubahan warna, oli engine dan oli kebun harus segera diganti, karena banjir dapat menembus dan mengikis mesin.

Tangki drainase

Ketika banjir memasuki tangki bahan bakar, tangki bahan bakar akan mengalami korosi, dan dalam jangka panjang, mudah bocor. Benamkan mobil dalam air, segera kosongkan tangki bahan bakar, isi dengan bahan bakar segar, dan jangan dicampur dengan air.

Melalui operasi ini, bahkan jika mobil banjir, Anda tidak akan mudah rusak. Ini saran untuk menyelamatkan mobil yang banjir. Sebagai pengingat di atas, segera berikan pertolongan pertama untuk kendaraan bawah air untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *