Cara Membuat SKCK Luar Daerah

Adapun cara membuat SKCK luar daerah, bagi yang sedang merantau untuk keperluan pekerjaan.

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan surat pengantar yang menjadi salah satu persyaratan dalam dunia kerja. Sebagai surat yang menjelaskan apakah ada kejatahan yang pernah dilakukan sang pelamar, ternyata pembuatan SKCK tak hanya bisa dilakukan di domisili sang pelamar. Cara membuat SKCK luar daerah ternyata tidak ribet lho dan tidak perlu pulang dulu ke domisili asal.

Mungkin masih terdengar asing karena dulu lebih dikenal dengan istilah SKBB, cara membuat SKCK luar kota memiliki proses pembuatan yang sangat mudah dan juga cepat tanpa harus menunggu lama. Biasanya, setelah memberikan beberapa persyaratan yang diminta, para pemohon akan diminta untuk menuliskan biodata secara lengkap. Lalu bagaimana prosesnya dan apa saja persyaratannya ya? Berikut membuat skck menurut muamala:

Panduan Cara Membuat SKCK Luar Daerah

Sebelum mengetahui cara membuat SKCK luar kota, disarankan untuk datang ke Polres di pagi hari ya. Karena jika masih pagi, tentu prosesnya akan jauh lebih cepat selesai dan tidak perlu berlama-lama ngantri. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini panduan membuat SKCK di luar domisili:

  1. Mempersiapkan persyaratan

Langkah pertama adalah mempersiapkan persyaratan yang harus dibawa saat membuat SKCK di Polres, yaitu:

  • Foto berwarna 4×6 tiga buah
  • KTP
  • Siapkan pula uang pembayaran, biasanya pemohon diminta untuk membayar sebesar Rp 30.000,-
  • Menuju ke Polres terdekat

Jika sudah melengkapi semua persyaratan yang ada, maka selanjutnya para pemohon bisa langsung menuju ke Polres terdekat. Mengapa tidak ke Polsek? Biasanya di Polsek akan lebih diribetkan dengan harus menyertakan surat keterangan domisili.

Kemudian, berikan semua persyaratan yang sudah lengkap beserta alasan mengapa pemohon ingin membuat SKCK. Jika ditanya mengapa tidak membuat di domisili asal, berikan pula jawaban yang pasti dan benar adanya ya.

  • Menuliskan secara lengkap biodata diri dan prosedur lainnya

Setelah itu, pemohon akan diminta untuk menuliskan secara lengkap biodata diri di selebaran yang diberikan oleh petugas pembuatan SKCK. Lalu, para pemohon akan diminta untuk melakukan scan sidik jari. Proses ini akan membuktikan apakah cocok antara pemohon yang mengajukan pembuatan SKCK dengan semua persyaratan yang dibawa.

  • Pembuatan SKCK

Apabila sudah dilakukan semua cara membuat SKCK luar kota, maka pemohon hanya perlu menunggu beberapa saat saja sampai SKCK selesai dibuat. Jika sudah selesai semua, maka pemohon hanya perlu membayar biaya administrasi yang telah ditetapkan.

Mudah bukan cara membuat SKCK luar kota di atas? Jika memang menemui kendala, bisa langsung bertanya saja kepada pihak Polres untuk mendapatkan solusinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *