Macam Bibit Ikan Nila Yang Harus Diketahui Pemula

Ikan nila adalah jenis ikan favorit yang kini mulai ramai dibudidayakan. Pasalnya, ikan yang tebilang mudah dalam pengelolaan ini juga memiliki harga yng terbilang mahal. Sehingga tak heran jenis ini akan selalu menjadi ikan paling banyak dicari di tempat jual bibit ikan.

Ikan nila sendiri adalah ikan yang memiliki jenis yang begitu beragam. Pasalnya, ikan nila tak hanya terdiri atas satu jenis saja yang mana masing-masing jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Sehingga, sebelum menentukan yang mana yang akan menjadi pilihan pada budidaya ikan nila, Anda harus mengetahui jenis-jenis ikan nila. Berikut adalah ulasannya.

Ikan Nila Merah Nifi

Jenis ikan nila yang pertama adalah ikan nila merah. Jenis ini biasa dikenal dengan isitilah nirah atau Nifi yaitu national inland fish institute. Ikan ini dihasilkan dari persilangan antara ikan betina luar negeri dengan ikan jantan lokal yang ada di Negara kita.

Ikan Nila Gift

Jenis ikan nila yang selanjutnya adalah ikan nila merah gift. Ikan ini adalah hasil persilangan antara 8 jenis varietas dari 8 buah Negara. Ikan ini memiliki beberapa kelebihan seperti lebih tahan terhadap penyakit dan masa produktif yang terhitung panjang dibandingkan jenis ikan nila yang lain.

Ikan nila gift akan bisa dipanen setelah memiliki umur 5 hingga 6 bulan. Ikan ini juga tak rewel perawatannya karena sangat toleran terhadap salinitas tinggi. Sehingga, bisa dibilang gampang untuk memelihara jenis iakn yang satu ini.

Ikan Nila Gesit

Ikan nila gesit adalah jenis iakn yang merupakan hasil generasi ketiga. Ikan ini didapatkan dari persilangan rekayasa genetika yang marak dibudidayakan akhir-akhir ini. ikan nila gesit terbilang memiliki beih yang bagus dan juga cepat masa pertumbuhannya.

Pemilihan jenis ikan nila tak akan bisa dilepaskan dari bibit yang digunakan. Bibit ikan nila unggulan akan bisa ditemukan di tempat jual bibit ikan terdekat. Carilah bibit berkualitas untuk hasil panen yang puas dan sesuai harapan. Jadi, tunggu palagi segera cari bibit unggulan sesuai jenis yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *