Cari Tahu Apa Itu Fibrilasi Ventrikel Di Sini

Kita sangat jarang sekali mendengar istilah Fibrilasi Ventrikel, padalah ini sering terjadi pada seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak. Dalam kasus serangan jantung yang membuat seseorang tidak sadarkan diri dalam waktu cepat jantung mengalami apa yang disebut dengan fibrilasi ventrikel. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya di artikel ini.

Pengertian Fibrilasi Ventrikel

Pada dasarnya fibrilasi ventrikel merupakan gangguan irama jantung dimana salah satu bilik jantung yaitu Ventrikel mengalami gangguan pada kelistrikan sehingga hanya bergetar dengan cepat namun tidak mampu memompa darah. Hal ini otomatis pasokan oksigen menuju ke otak berkurang, itulah sebabnya fibrilasi ventrikel dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran dalam waktu yang cukup singkat.

Penanganan Fibrilasi Ventrikel

Di negara – negara Eropa, penanganan Fibrilasi Ventrikel menjadi tanggung jawab bersama. Buktinya, di negara – negara maju disana sudah banyak tersedia perangkat AED (Automatic External Defibrillator) di tempat – tempat umum yang banyak dikunjungi orang. Apa hubungannya ?

Ya, berbicara tentang penanganan Fibrilasi Ventrikel kita tidak bisa lepas dari sebuah alat kesehatan yang disebut dengan defibrillator. Selain tindakan CPR yang harus kita lakukan pada korban serangan jantung mendadak (fibrilasi ventrikel) langkah selanjutnya adalah menstimulus jantung dengan menggunakan energi listrik

Caranya adalah dengan menggunakan perangat defibrillator tersebut. Kejutan listrik yang diberikan dapat mempengaruhi jantung sehingga akan berhenti sejenak kemudian dapat kembali berdetak dengan normal sebagaimana mestinya. Dan kita dapati di Indonesia masih jarang kita lihat alat defibrillator ada di tempat – tempat umum.

Penyebab Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi Ventrikel merupakan kondisi gawat darurat yang harus segera mendapatkan penanganan secepatnya. Selalu tidak dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab fibrilasi ventrikel. Namun setidaknya ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa berikut ini dapat menjadi penyebab terjadinya fibrilasi Ventrikel :

  • Memiliki riwayat penyakit jantung bawaan
  • Adanya gangguan kelainan otot jantung
  • Pengguna obat – obatan terlarang (Narkoba)
  • Adanya gangguan pada elekterolit di dalam tubuh

Pencegahan Fibrilasi Ventrikel

Untuk membuat jantung tetap sehat hendaknya yang perlu dilakukan adalah langkah – langkah untuk membuat jantung sehat seperti pola makan teratur dengan gizi seimbang. Rajin berolahraga, menjaga berat badan tetap ideal dan berhenti merokok. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *