Macam Alat Laboratorium Kesehatan

Laboratorium merupakan sebuah ruang atau tempat yang digunakan untuk melakukan riset atau penelitian dalam bidang tertentu untuk menemukan satu kesimpulan tentang satu fenomena atau pola tertentu. Itulah definisi laboratorium menurut saya, bagaimana menurut anda ? Betapapun itu, anda pasti paham apa yang dimaksud dengan laboratorium.

Ada banyak macam jenis laboratorium, hampir disemua bidang. Termasuk diantaranya adalah laboratorium kesehatan atau lab medis. Laboratorium kesehatan bisa berdiri sendiri atau juga menginduk atau bagian dari pada rumah sakit. Kali ini saya ingin berbagi informasi tentang beberapa macam alat yang digunakan dalam laboratorium kesehatan.

Macam Alat Laboratorium Kesehatan

Berikut ini beberapa contoh alat – alat laboratorium yang digunakan di laboratorium medis secara khusus dan umumnya di berbagai macam jenis laboratorium.

# Centrifuge

Centrifuge merupakan alat lab yang digunakan di berbagai macam laboratoium. Salah satunya adalah lab medis. Alat ini digunakan untuk memisahkan partikel dengan masa lebih berat dengan partikel yang lebih ringan. Atau zat terlarut dari endapannya. Contoh penggunaan alat ini adalah untuk memisahkan serum dari darah yang akan digunakan sebagai sample pengukuran fotometri

# Alat Sterilisasi

Ada dua macam jenis alat sterilisasi yang digunakan di laboratorium yaitu autoclave (sterilisator basah) dan juga dry heat sterilizer (sterilisator kering). Alat ini digunakan untuk mensterilkan peralatan – peralatan lab agar selalu dalam kondisi steril. Kedua macam alat ini memiliki spesifikasi yang berbeda satu sama lain dan juga memiliki keunggulan masing – masing.

# Instrument Lab

Ada satu kategori alat yang cukup banyak yang umumnya terdapat di lab klinik. Alat ini mudah disebut dengan istilah instrument lab. Contoh alat ini seperti gelas ukur, tabung reaksi, pipet, pengaduk dan lain sebagainya. Instrument lab cukup banyak dan alat – alat seperti inilah yang umumnya perlu disterilisasi setelah digunakan, atau akan digunakan.

# Alat Diagnostic

Alat lab lainnya yang terdapat di laboratoroum khusus medis adalah alat – alat diagnostic. Atau alat – alat yang berfungsi untuk mendiagnosis sample yang akan digunakan oleh dokter untuk memperkuat diagnosis terhadap satu penyakit tertentu yang dialami oleh pasien. Contoh alat diagnosis diantaranya adalah hematology analyzer, chemistry analyzer, urine analyzer, dan lain sebagainya.

Tentunya masih banyak sekali alat – alat yang ada di dalam laboratorium klinik dan rumah sakit. Untuk anda yang kebetulan memiliki kebutuhan alat- alat laboratorium medis, atau berencana mendirikan sebuah laboratorium medis, anda bisa kunjngi website kami di laman paket alat laboratorium kesehatan. Kami telah siapkan spek dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan laboratorium anda satu paket lengkap. Anda hanya cukup pesan dan pantau, biar kami yang selesaikan semuanya. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *