Cara Membuat Sweet Potato Muffin Tanpa Mixer Yang Lembut

Cara membuat sweet potato muffin – Halo netizen, menu masak kita apa ya hari ini? Nasi goreng? Nasi kuning? Nasi kebuli? Nah kali ini saya gak akan memasak makanan berat nih, Coba tebak mau bikin apa hari ini? Yaass sesuai judulnya kita akan membahas resep cara membuat sweet potato muffin tanpa mixer yang lembut.

Kalian udah tahu belum asal usul dari muffin ? Gimana kalau kita bahas dahulu mengenai asal usul muffin dan perbedaan muffin dengan cupcake. 

Oke kalau begitu sebelum ke resep cara membuat sweet potato muffin tanpa mixer yang lembut, kita bahas dulu yuk tentang asal usul dari mufin dan perbedaan muffin dengan cupcake.

Asal Usul Muffin

Muffin bukan lagi jenis kue yang sulit ditemukan. Hampir semua toko kue menawarkan pilihan kue dengan rasa yang berbeda. Tapi tahukah anda bagaimana asal usul pancake dan bagaimana sejarahnya?
Asal usul kata pie berasal dari Moofin, yang disebutkan di awal tahun 1700-an. Kata moofin berasal dari kata Jerman muffen. Kata Muffen berasal dari kata Muffe yang artinya kue kecil, sementara banyak juga yang menyebutnya Moufflet yang artinya lembut.
Muffin ini awalnya dibuat dengan cetakan berbentuk mangkuk khusus. Adonan muffin ini mirip dengan adonan roti pada umumnya namun memiliki tambahan ragi yang cukup sehingga lebih ringan dan lembut dari pada roti.
Awalnya muffin ini dibuat dengan tambahan perlash yang merupakan bahan tambahan yang membuat tekstur muffin lebih lembut dan halus. Hingga akhir abad kedelapan belas, zat ini masih digunakan sampai sekarang, dan digantikan dengan baking powder.
Dulu pai tidak banyak yang dibuat karena hanya memiliki satu rasa, berbeda dengan saat ini. Banyak kue sekarang dibuat menjadi berbagai macam makanan, mulai dari menambahkan coklat dan keju hingga kue rasa kari yang gurih.
Karena bentuknya yang mirip, pai dan kue mangkuk banyak dikaitkan. Keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan terkait satu sama lain meskipun mereka termasuk spesies yang berbeda. Kue mangkuk pertama kali disebutkan pada tahun 1828, lama setelah kue menyebar.

Perbedaan Muffin Dan Cupcake

1. Muffin

Selain tidak didinginkan, kue memiliki tekstur yang lebih melembabkan. Rasanya tidak terlalu manis, dan terkadang versi yang enak dibuat.
Muffin juga bisa dibuat dari tepung terigu dan isian buah-buahan atau kacang-kacangan yang dikeringkan, sehingga lebih sehat meski tidak seindah cupcake. Karena lebih mengenyangkan, orang Amerika biasanya memakannya sebagai santapan sarapan atau sebagai camilan.
Tekstur kuenya lebih berat karena teknik blending. Lemak bekas seperti mentega cair, minyak zaitun, atau margarin cair. Lemak cair ini dicampur perlahan dengan gula.
Muffin paling mudah dibuat karena hanya menggunakan mangkok dan sendok. Setelah bahan kering diaduk, tambahkan bahan cairnya.
Campur saja dengan sendok. Anda menggunakan metode yang sama untuk membuat kue dan kue wortel. Hasilnya adalah remah-remah yang lebih tebal dan lebih kaya dari cupcake.

2. Cupcake

Bisa dikatakan cupcakes adalah kue miniatur dan tergolong makanan penutup. Pilihan manis seperti vanilla, coklat, dan beludru merah. Teksturnya lembut, tipis dan ringan karena mengandung mentega dan telur. Yang pasti, selalu ada olesan krim atau coklat di atasnya.
Teknik pembuatan cupcakes disebut krim. Krim dibuat dengan mencampurkan lemak keras seperti mentega atau margarin dengan gula. Pastikan lemak berada pada suhu ruangan agar mudah larut dalam gula.
Menurut situs She Knows (16/04/13), adonan bisa dicampur dengan sendok kayu, pengocok kawat, hand mixer, atau standing mixer. Namun, pastikan untuk menggunakan pemukul (pemukul datar), bukan pemukul kawat, karena pada akhirnya adonan akan banyak mengandung udara.
Seperti halnya membuat biskuit dan biskuit, metode ini menciptakan gelembung udara kecil yang membuat remah-remahnya empuk. Namun, pastikan untuk tidak mengaduk terlalu lama atau menteganya akan meleleh. Itu juga bisa meletuskan gelembung udara dan membuat adonan berminyak. Jika dipanggang, kue akan menjadi keras atau keras.

Cara Membuat Sweet Potato Muffin Tanpa Mixer Yang Lembut 

Bahan Bahan Cara Membuat Sweet Potato Muffin

Untuk Bahan Yang Kering :

  • 200 gram tepung protein rendah
  • 2 sendok teh baking powder
  • 50 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 60 gram gula pasir (dapat ditambah jika suka manis )

Untuk Bahan Yang Basah :

  • 5 sendok makan minyak zaitun
  • 1 btr telur
  • 200 ml susu cair

Bahan Baku :

  • 150 gr ubi manis madu, kukus & haluskan

Langkah Langkah Cara Membuat Sweet Potato Muffin

  1. Campur semua bahan yang kering dengan baik menggunakan mixer roti
  2. Campur Bahan Basa Dingan Beg. Note: disini ada susunya yang bisa kurang / lebih karena tergantung kelembaban madu ubi yang digunakan dan ukuran telurnya, jadi lebih baik tambah susu pakai sesendok sedikit-sedikit kalau masih kering.
  3. Masukkan ubi manis madu ke dalam bahan yang kering lalu diaduk
  4. Mix bahan yang basah ke dalam bahan yang kering, kemudian tambahkan cranberry kering / kismis jika kalian suka, kemudian diaduk asalkan tercampur rata, tapi jangan terlalu banyak diaduk karena hasilnya bisa keras.
  5. Tuang ke dalam mangkuk muffin sekitar 3/4 gelas karena nantinya akan mengembang. Saya Mingonakan 9 Cangcare is average to Mindabatkania. Lallo berry tops seperti kalau mau, saya pakai kenari dan chocochip untuk anak-anak.
  6. Panggang dengan suhu 175 derajat dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama sekitar 30 menit (sesuaikan masing-masing oven), sebaiknya oven tidak dibuka sebelum 20 menit memanggang agar muffin tidak turun sepenuhnya. Setelah matang, dinginkan dan siap disantap. Salamat mencoba 😊

Cara Membuat Sweet Potato Muffin Tanpa Mixer Yang Lembut 

Nah itu dia guys resep cara membuat sweet potato muffin tanpa mixer yang lembut . Gimana.. gampang bukan? Oh iya kalian bisa banget request untuk dibuatin artikel resep apapun, tulis di kolom komentar ya .
Sweet potato muffin ini cocok banget buat cemilan atau dimakan sambil nonton film, dengerin musik, ngerjain tugas sekolah, pas lagi santai santai apalagi ditemani dengan segelas kopi dari mesin pembuat kopi . Sekian tutorial masak dari saya, selamat mencoba ya guys 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *