Rumah Duka di Jakarta Pusat dan Usaha Lain di Sekitarnya

rumah duka jakarta pusat

Rumah duka terutama akan dimanfaatkan oleh keluarga almarhum yang terlalu repot untuk mengurus jenazah seorang diri. Biasanya, jasa rumah duka di Jakarta Pusat akan digunakan oleh keluarga keturunan Tionghoa.

Dalam tradisi Tionghoa, proses mengurus jenazah memang tidak mudah dan terbilang rumit. dimulai awal dari proses memandikan, merias, memasukkan ke sebuah peti mati hingga pembacaan doa harus dilakukan. Inilah mengapa jasa rumah duka banyak digunakan oleh keluarga yang ditinggalkan.

Rumah duka juga biasanya akan dilengkapi fasilitas yang diperlukan terkait kepengurusan jenazah. Keluarga yang ditinggalkan hanya perlu menghubungi petugas di rumah duka dan membayar jasa setelah semua proses selesai. Beberapa rumah duka turut menyediakan jasa crematorium atau pembakaran jenazah sesuai permintaan klien.

Bisnis Yang Memanfatkan Adanya Rumah Duka

Adanya rumah duka juga turut memunculkan adanya multiplier effect di mana usaha-usaha lain akan ikut tumbuh. Usaha lain yang dimaksud adalah pembuatan aneka perlengkapan pengurusan jenazah serta jasa merias jenazah.

Termasuk beberapa peralatan pelengkap pemakaman yang biasanya dibutuhkan pada sebuah adat Tionghoa. Beberapa Peralatan pemakaman ini adalah barang-barang yang ada di rumah tangga, aneka barang elektronik, rumah, mobil dan dua orang pembantu yang semuanya dibuat dari kertas menyerupai manusia. Pada saat upacara pemakaman misalnya di san diego hills area chinese berlangsung, semua peralatan ini akan dibakar. Usaha lain yang turut muncul dari adanya rumah duka adalah usaha pembuatan peti mati, karangan bunga, jasa pembacaan doa hingga iklan di media massa.

Peti mati yang digunakan dalam rumah duka di Jakarta Pusat terbilang mahal dan merupakan komponen yang paling menyita banyak dana dari keseluruhan biaya jasa rumah duka. Satu buah peti mati dapat dihargai antara satu juta rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung dari bahan peti yang digunakan hingga kerumitan proses pembuatannya. Dalam tradisi Tionghoa, peti mati tidak boleh ditawar sehingga berapapun harganya maka ahli waris dari orang yang meninggal dunia harus membayarnya.

Jasa karangan bunga juga akan dibutuhkan sebagai bentuk ucapan belasungkawa dari orang-orang terdekat. Iklan media cetak akan turut menginformasikan paa banyak orang terkait kepergian almarhum. Sementara jasa pembacaan doa juga berguna saat jenazah belum dimakamkan dan masih berada di rumah duka. Profesi lain yang akan turut bekerja dalam rumah duka di Jakarta Pusat adalah perias mayat. Sesuai namanya, orang dengan profesi ini khusus merias orang yang telah meninggal agar memiliki penampilan bagus seperti akan menuju ke sebuah acara.

Pada jenazah pria mayoritas menggunakan setelan jas, sementara jenazah wanita dikenakan gaun yang indah. Profesi perias mayat juga diharuskan professional terutama saat merias jenazah dari korban kecelakaan di mana tubuh jenazah tidak lagi utuh atau bagus. Tugas utama mereka adalah menjadikan mayat kembali indah saat hendak disemayamkan.

Adanya usaha rumah duka di Jakarta Pusat terutama didorong karena gaya hidup modern yang semakin menuntut efisiensi dan juga kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi keuntungan, memang rumah duka ini terbilang menjanjikan. Salah satu faktornya adalah karena pemain yang masih sedikit. Tiap hari ada orang meninggal yang membutuhkan bantuan jasa dari rumah duka. Karena jasa ini biasa dipakai oleh orang-orang keturunan China, maka sebaiknya apabila hendak memulai bisnis ini pilih lokasi yang berdekatan dengan komunitas orang-orang China. Rumah duka juga umumnya akan memiliki tim untuk menangani klien dari berbagai agama yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *